Instalasi Server Voip Briker


Instalasi Server Voip Briker



Kali ini saya akan menjelaskan cara instal server Voip Briker sebagai sentral telepon berbasis ip. untuk spesifikasi minimal menurut pendapat saya adalah :
prosesor : intel pentium 4
ram         : 2 gb
hdd         : 30 gb
itu adalah spesifikasi minimal yang menurut saya cukup untuk pembelajaran sebagai sentral telepon.jadi nantinya pada saat instalasi tidak terjadi load terus menerus karena spesifikasi yang kurang. untuk instal di virtualbox maka disesuaikan saja yang terpenting ram dan hdd jangan kurang dari spek minimal. saya akan menjelaskan intalasi briker yang versi 2.0, karena versi ini berbasis linux debian jadi untuk interfaces gui nya mudah untuk dikenali. oke langsung saja kita ke tahap instalasi :
1. Nyalakan komputer kita, masukkan cd rom bootable briker 2.0 ke cd rom komputer kita. lalu atur  boot ke cd rom pada bios kita.
2. setelah itu nanti kita akan dibawa ke menu seperti dibawah ini. untuk menunya kita pilih yang "Install Briker Base With unattended" yang dimana disini Briker akan menginstal secara otomatis dan mempartisi hdd kita secara otomatis dari system. dan untuk menu "Install Briker Base with wizard" adalah instal Briker secara manual sesuai kostum kita,saya sarankan kita instal otomatis yang "Install Briker Base With unattended" karena nanti partisi kita lebih teratur sesuai sistem Briker dan mngurangi kegagalan dalam proses instalasi. Untuk menu "Boot from first hard disk" untuk meneruskan ke sistem operasi lain dengan kata lain membatalkan instalasi.


3. Briker otomatis akan mendeteasi perangkat di koputer kita dan memeriksa perangkat keras jaringan. 


4. Briker akan menghapus dan memformat isi  hardisk dan menggunakan semua isi hardisk.


5.  Briker akan menginstal software di dalamnya ke harddisk kita.


6.  Briker akan install GRUB boot loader.


 7. Selanjutnya, Briker menjalankan proses Finishing Installation, setelah itu mesin akan restart secara otomatis.


8.  Setelah restart Briker akan melakukan Final Installation. di proses ini agak sedikit lama tapi sabar nanti juga kelar sendiri. dan setelah selesai pada tahap ini nanti akan restart sendiri.


9. setelah restart nanti akan masuk pada terminal briker seperti dibawah ini 


10. Untuk user dan paswordnya adalah support dan Briker, ingat B nya besar. atau kita bisa pakai user root dan paswordnya sama. jika diinstal di server besar kita bisa menggunakan ssh menggunakan Port 10001 dengan username support dan password Briker. dan yang terakhir ganti paswordnya dengan perintah "passwd" atau hapus user support dan yang paling terpenting nonaktifkan login root di terminal begitu juga di ssh nya di /etc/ssh/sshd_config lalu cari bagian 
Authentication:
LoginGraceTime 2m
PermitRootLogin yes
StrictModes yes
MaxAuthTries 6
MaxSessions 10
di ganti pada "PermitRootLogin yes" menjadi "PermitRootLogin no" untuk kemanan jaringan kita atau lebih jelasnay mengenai fitur - fitur login seperti dibawah ini :
Default console login (SSH port 10001):
Username : root
Password : Briker
Default web login (HTTP port 443):
Username : administrator
Password : Briker
Alamat IP default:
IP address   : 192.168.2.2
Subnet mask  : 255.255.255.0



Previous
Next Post »
Thanks for your comment